Tuesday, December 11, 2012

Mendidik Anak Bertanggung Jawab

Mendidik Anak Bertanggung Jawab
Anak-anak sering merasa tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya tak harus segera ia lakukan, karena masih ada ibu dan ayah yang akan terus mengingatkan. Akhirnya orang tua mesti marah-marah dulu, baru anak melakukan tugasnya.

Pembelajaran tanggung jawab dengan pola seperti itu tidak sehat dan tidak akan member kesadaran kepada anak. Karena itu perlu cara-cara yang pas untuk membuat anak mengerti tanggung jawabnya.

Berikut ini beberapa cara yang dapat ibu atau ayah lakukan.

  1. Ajak anak berbicara berdua saja dan katakan ibu ingin mengajaknya berbicara seperti orang dewasa.
  2. Tanyakan kepadanya apa yang membuat dia lalai pada tugasnya seperti shalat, belajar dan tugas lainnya. Minta ia berkata jujur, dengarkan dengan seksama dan jangan menyela.
  3. Tanyakan juga apa yang bisa memudahkannya untuk mengerjakan tugas-tugas tepat waktu. Minta anak menemukan sendiri solusi sederhana atas masalah yang ia hadapi.
  4. Buatlah kesepakatan dan komitmen bahwa setiap tindakan ada konsekuensinya. Lalu buat kesepakatan konsekuensi apa yang akan ia terima jika melalaikan tugasnya.
  5. Katakana bahwa Ibu begitu menyayanginya dan tidak ingin dia menjadi orang yang tidak bertanggung jawab hingga mempersulit dirinya mencapai cita-citanya.
  6. Orangtua harus terus memberi teladan dalam menerapkan tanggung jawab.
  7. Dengan pendekatan ini, Insya Allah, Ibu akan mulai merasakan anak perlahan-lahan mengerti pada tugas dan tanggung jawabnya.

Tips Untuk Anak

  • Belajarlah untuk menunaikan tugas-tugas yang diberikan orang tua dengan tepat waktu
  • Bila ada tugas yang tampaknya agak berat, jangan mengeluh, karena tugas ini akan membuatmu kuat menghadapi tugas-tugas selanjutnya.
  • Percayalah, orang-orang sukses dalam sejarah Islam selalu melewati tugas-tugas yang melebihi usianya. Allah SWT menyukai hamba yang tangguh. Begitu juga kamu kan?
Title: Mendidik Anak Bertanggung Jawab; Written by M Fitra Nurdiansyah; Rating: 5 dari 5